Produksi Media Cetak dan
Kit
masih
bersangkut paut dengan penulisan naskah PR kini menyebarkannya pada media masa
dan kit
Apa
media itu?
media
dalam komunikasi Media komunikasi adalah suatu alat atau sarana yang digunakan untuk
menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak. Media dominan dalam
berkomunikasi adalah pancaindera manusia seperti telinga dan mata.Media juga
merupakan jendela yang memungkinkan kita untuk dapat melihat lingkungan yang
lebih jauh, sebagai penafsir yang membantu memahami pengalaman,Sebagai landasan
penyampai informasi, Sebagai komunikasi interaktif yang meliputi opini audiens,
Sebagai penanda pemberi intruksi atau petunjuk , Sebagai penyaring atau pembagi
pengalaman dan fokus terhadap orang lain, cermin yang merefleksikan diri kita
dan penghalang yang menutupi kebenaran. Media komunikasi juga dijelaskan
sebagai sebuah sarana yang dipergunakan sebagai memproduksi, reproduksi,
mengolah dan mendistribusikan untuk menyampaikan sebuah informasi. Media
komunikasi sangat berperan penting bagi kehidupan masyarakat. Secara
sederhana, sebuah media komunikasi adalah sebuah perantara dalam menyampaikan
sebuah informasi dari komunikator kepada komunikan yang bertujuan agar efisien
dalam menyebarkan informasi atau pesan. Komunikasi merupakan bentuk percakapan
yang berlangsung atas dasar persamaan persepsi. Komunikasi dalam bahasa inggris
communicationberasal dari kata latin communicatio dan berasal dari kata
communis yang berarti sama.
Surat Pembaca
Surat Pembaca (letter to the editor) mirip siaran pers,
terutama dalam hal teknis penulisan dan pengiriman. Yang membedakan adalah
dalam hal isi dan tujuannya.
Isi dan tujuan surat pembaca biasanya
merupakan tanggapan, sanggahan, klarifikasi, atau penggunaan Hak Jawab dan Hak
Koreksi atas informasi yang dinilai salah dan merugikan.
Surat pembaca berupa tanggapan, biasanya
diawali dengan mengutip berita atau surat pembaca yang sebelumnya sudah dimuat,
sehingga pembaca dapat mengetahui latar belakang masalah yang diklarifikasi.
Advertorial (adv)
Advertorial = advertising dan editorial. Gabungan antara promosi
dan opini atau pemberitaan tentang hal yang dipromosikan –produk, jasa, perusahaan,
organisasi, aktivitas, atau program pemerintah. Bentuk tulisannya bisa berupa
berita, feature, atau artikel. Advertorial sering disebut iklan dalam bentuk
pemberitaan atau tulisan panjang.
Jenis advertorial a.l.
adv produk, adv jasa, adv perusahaan, dan adv pemerintahan. Sifatnya bisa
informatif, eksplanatif, interpretatif, persuasif, argumentatif, dan
eksploratif.
Brosur
Brosur (Brochure) adalah selebaran cetakan satu halaman kertas
yang terlipat dua atau lebih, berisi keterangan, informasi, atau gambaran
tentang sebuah perusahaan, instansi, produk, atau jasa, atau bisa juga berisi
sebuah ide dan kegiatan.
Jenis selebaran promosi sejenis brosur adalah
booklet, yakni buku kecil tanpa jilid/cover berisi informasi dan gambar tentang suatu produk
atau jasa. Bisa juga terdiri dari beberapa lembar kertas sehingga menyerupai
buku. Penyebarannya sama dengan brosur, yakni dibagi-bagikan langsung kepada
publik.
Sarana promosi mirip brosur adalah flyer,
pamflet, leaflet, atau poser, yakni lembaran utuh tanpa
lipatan/tidak terlipat. Pamflet (ukuran satu halaman kertas print), leaflet
(ukuran kertas kecil), dan poster (“surat tempelan”, ukuran kertas besar)
disebarkan dengan cara ditempel. Flyer biasanya digantung.
Ada juga yang disebut folder.
Bentuknya mirip map, namun berisi banyak informasi dan bagian dalamnya terdapat
kantung untuk menyimpan aneka berkas seperti surat, brosur, leaflet, kartu
nama, dan sebagainya. Folder dapat berfungsi sebagai tempat penyimpan berkas
informasi atau promosi.
Press Conference/Media Kit
Konferensi Pers (Press Conference) – undang media untuk
menyampaikan informasi, dilakukan tidak rutin, insidental sesuai acara yang
digelar, baik sebelum maupun sesudah kegiatan.
Media Kit adalah bahan tertulis sehingga kalangan pers memiliki data
akurat dan lengkap sebagai bahan berita. Bahan tertulis ini bisa berupa siaran
pers, susunan acara, makalah, artikel, feature, bosur, proposal, atau informasi
lengkap tentang kegiatan –tujuan, jadwal, target, kepanitiaan, daftar pengisi
acara, dsb.—dan dimasukkan dalam sebuah map atau amplop besar.
Naskah Pidato
Naskah pidato (speech script) biasanya dilakukan penulis
khusus yang disebut scriptwriter. Namun, ada punya petugas humas yang
ditugaskan menulisnya.
Naskah pidato terdiri
dari bagian pembukaan, isi, dan penutup. Ditulis dengan gaya bahasa tutur (spoken
words) atau gaya bahasa percakapan (conversational language) karena
naskah itu untuk diucapkan, dibacakan, atau disuarakan.
Newsletter
Newsletter secara
harfiyah artinya “laporan berkala” atau “surat berita”. Merupakan media
informasi dan komunikasi internal sebuah lembaga, biasanya terdiri dari dua
hingga delapan lembar kertas kwarto atau folio, tanpa cover seperti majalah
atau buku.
Isinya bervariasi
mirip majalah, misalnya agenda dan berita kegiatan, artikel, feature, gambar,
dsb.
Inhouse Magazine – Media Internal
Inhouse Magazine/Company
Magazines adalah majalah internal sebuah lembaga/perusahaan. Desain atau
tampilan dan rubrikasinya seperti majalah umum/komersil, namun isinya tentang
informasi seputar “dapur” lembaga.
Mengelola Inhouse Magazine, juga Newsletter, sama dengan proses
manajemen media massa pada umumnya, yakni melalui proses redaksional dan
membutuhkan keterampilan meliput dan menulis berita layaknya wartawan.
Proses redaksional dimaksud adalah tahapan perencanaan (planing)
–penentuan visi, misi, logo, moto, rubrikasi, editorial policy, dan style book;
pengorganisasian (organizing) –penetapan susunan organisasi redaksi (pemred
hingga reporter dan layouter); pelaksanaan (acting) –aktivitas jurnalistik
seperti perencanaan liputan (rencana isi), peliputan, penulisan, editing, dan desain
grafis, dan pengawasan (controling) –pengawasan dan evaluasi proses dan hasil
kerja yang sudah dilaksanakan. Wasalam. (www.romeltea.com).*
Tidak ada komentar:
Posting Komentar