IDENTITAS BUKU
Judul :
Manajemen Public Relation
Pengarang
: Muhibudin Wijaya Laksana, S,sos., M.si.
Penerbit
: Cv. Pustaka Setia
Tempat Terbit
: Bandung, Jawa Barat
Tahun Terbit
: 2015
Tebal
Halaman
: x + 319 hal
Ukuran
Buku
: 16 x 24 cm
ISBN
: 978-979-076-493-4
Pembukaan :
Setiap orang hidup, setiap hari harus berhubungan dengan
lingkungan dan orang lain, berhubungan dengan orang tua, saudara, tetangga, dan
teman. Organisasi sebagai sebuah sistem dalam kehidupan juga harus
berhubungan dengan lingkungannya, baik lingkungan internal organisasi (antar
karyawan, antar bagian dalam organisasi) maupun lingkungan eksternal organisasi
(masyarakat, pemerintah, pemasok, dll). Untuk meningkatkan kualitas hubungan
dengan lingkungannya maka diperlukan sebuah komunikasi yang baik. Peningkatan
kualitas komunikasi merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kualitas
hubungan dengan lingkungan agar sukses melayani, memasarkan dan menjual suatu
produk.
Isi Buku /
Sinopsis :
Public Relation (PR) merupakan seni
menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperdalam
kepercayaan publik terhadap suatu individu atau organisasi. PR memiliki posisi
yang sangat penting dalam sebuah organisasi, terutama jika organisasi tersebut
sering berinteraksi dengan masyarakat luas. Hal itu karena PR merupakan salah
satu front liner penting dalam berkomunikasi dengan masyarakat. PR menentukan
kesan positif sebuah organisasi di mata masyarakat, dan hubungan dengan
masyarakat akan menentukan cara organisasi tersebut bersosialisasi di tengah
masyarakat. Dengan kata lain, public relation juga berperan dalam membangun
hubungan, khususnya hubungan komunikasi antara organisasi dan masyarakat luas.
PR menggunakan komunikasi untuk memberi tahu, memengaruhi, dan mengubah
pengetahuan, sikap, dan perilaku publik sasarannya. Kegiatan PR tersebut
berkaitan sangat erat dengan pembentukan opini publik dan perubahan sikap dari
masyarakat.
Manajemen PR berarti penelitian, perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian suatu kegiatan komunikasi yang disponsori oleh organisasi; mulai pertemuan kelompok kecil hingga berkaitan dengan konferensi pers internasional via satelit, dan pembuatan brosur hingga kampanye nasional melalui multimedia, dari menyelenggarakan acara open house hingga kampanye publik, dari pengumuman pelayanan publik hingga menangani kasus manajemen krisis. Dengan kata lain, seorang praktisi public relation yang dalam tugasnya akan melaksanakan aktivitas manajemen public realtion, merupakan terapan dari ilmu manajemen dasar yang diimplikasikan di dunia public realtion.
Manajemen PR berarti penelitian, perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian suatu kegiatan komunikasi yang disponsori oleh organisasi; mulai pertemuan kelompok kecil hingga berkaitan dengan konferensi pers internasional via satelit, dan pembuatan brosur hingga kampanye nasional melalui multimedia, dari menyelenggarakan acara open house hingga kampanye publik, dari pengumuman pelayanan publik hingga menangani kasus manajemen krisis. Dengan kata lain, seorang praktisi public relation yang dalam tugasnya akan melaksanakan aktivitas manajemen public realtion, merupakan terapan dari ilmu manajemen dasar yang diimplikasikan di dunia public realtion.
KELEBIHAN & KEKURANGAN
Buku ini mampu memberikan informasi mengenai public
relation ,serta manajemenya lengkap. dimana
orang-orang yang mengambil peran sebagai humas akan sangat terbantu dengan
hadirnya buku ini. Peran manajer perusahaan nantinya juga akan dimudahkan
dengan hadirnya buku ini, khususnya yang mengambil konsentrasi pada bidang
pemasaran bagaimana kiat agar sukses untuk melayani, memasarkan, dan menjual
produk-produk agar diterima luas di masyarkat. Buku ini sangat jelas dan mudah
untuk dibaca. Kekurangan dalam buku ini yaitu masih ada beberapa bagian salah
ketik dalam meletakan spasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar