Minggu, 24 Maret 2019

Review Buku Public Relation


 Review Buku Public Relation





IDENTITAS BUKU
Judul                                  : Manajemen Public Relation
Pengarang                          : Muhibudin Wijaya Laksana, S,sos., M.si.
Penerbit                              : Cv. Pustaka Setia
Tempat Terbit                    : Bandung, Jawa Barat
Tahun Terbit                      : 2015
Tebal Halaman                   : x + 319 hal
Ukuran Buku                      : 16 x 24 cm
ISBN                                   : 978-979-076-493-4

Pembukaan :
Setiap orang hidup, setiap hari harus berhubungan dengan lingkungan dan orang lain, berhubungan dengan orang tua, saudara, tetangga, dan teman.  Organisasi sebagai sebuah sistem dalam kehidupan juga harus berhubungan dengan lingkungannya, baik lingkungan internal organisasi (antar karyawan, antar bagian dalam organisasi) maupun lingkungan eksternal organisasi (masyarakat, pemerintah, pemasok, dll). Untuk meningkatkan kualitas hubungan dengan lingkungannya maka diperlukan sebuah komunikasi yang baik. Peningkatan kualitas komunikasi merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kualitas hubungan dengan lingkungan agar sukses melayani, memasarkan dan menjual suatu produk.

Isi Buku / Sinopsis :
Public Relation (PR) merupakan seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu individu atau organisasi. PR memiliki posisi yang sangat penting dalam sebuah organisasi, terutama jika organisasi tersebut sering berinteraksi dengan masyarakat luas. Hal itu karena PR merupakan salah satu front liner penting dalam berkomunikasi dengan masyarakat. PR menentukan kesan positif sebuah organisasi di mata masyarakat, dan hubungan dengan masyarakat akan menentukan cara organisasi tersebut bersosialisasi di tengah masyarakat. Dengan kata lain, public relation juga berperan dalam membangun hubungan, khususnya hubungan komunikasi antara organisasi dan masyarakat luas. PR menggunakan komunikasi untuk memberi tahu, memengaruhi, dan mengubah pengetahuan, sikap, dan perilaku publik sasarannya. Kegiatan PR tersebut berkaitan sangat erat dengan pembentukan opini publik dan perubahan sikap dari masyarakat.
Manajemen PR berarti penelitian, perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian suatu kegiatan komunikasi yang disponsori oleh organisasi; mulai pertemuan kelompok kecil hingga berkaitan dengan konferensi pers internasional via satelit, dan pembuatan brosur hingga kampanye nasional melalui multimedia, dari menyelenggarakan acara open house hingga kampanye publik, dari pengumuman pelayanan publik hingga menangani kasus manajemen krisis. Dengan kata lain, seorang praktisi public relation yang dalam tugasnya akan melaksanakan aktivitas manajemen public realtion, merupakan terapan dari ilmu manajemen dasar yang diimplikasikan di dunia public realtion.

KELEBIHAN & KEKURANGAN
Buku ini mampu memberikan informasi mengenai public relation ,serta manajemenya lengkap. dimana orang-orang yang mengambil peran sebagai humas akan sangat terbantu dengan hadirnya buku ini. Peran manajer perusahaan nantinya juga akan dimudahkan dengan hadirnya buku ini, khususnya yang mengambil konsentrasi pada bidang pemasaran bagaimana kiat agar sukses untuk melayani, memasarkan, dan menjual produk-produk agar diterima luas di masyarkat. Buku ini sangat jelas dan mudah untuk dibaca. Kekurangan dalam buku ini yaitu masih ada beberapa bagian salah ketik dalam meletakan spasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Peran Literasi dalam Mengembangkan Pariwisata di Sumatera Selatan"

Seminar "Peran Literasi dalam Mengembangkan Pariwisata di Sumatera Selatan" Talk Show Komunikasi "Peran Literasi dalam M...