Manajemen Public Relation
MANAJEMEN = MANAGE
( George R. Terry )
Memimpin, Menangani, Mengatur, Membimbing
Sebuah proses yang khas dan tindakan-tindakan seperti perencanaan, pengorganisasian, pengaktifan, dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan SDM dan sumber-sumber lainnya.
( George R. Terry )
Memimpin, Menangani, Mengatur, Membimbing
Sebuah proses yang khas dan tindakan-tindakan seperti perencanaan, pengorganisasian, pengaktifan, dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan SDM dan sumber-sumber lainnya.
PR
adalah fungsi manajemen yang mengevaluasi publik, memperkenalkan berbagai
kebijakan dan prosedur dari suatu individu atau organisasi berdasarkan
kepentingan publik, dan membuat perencanaan, serta melaksanakan suatu program
kerja dalam upaya memperoleh pengertian dan pengakuan publik (Denny Griswold
(Wilcox,dkk.2006)).
Fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap public, mengidentifikasi kebijakan dan prosedur individual danorganisasi yang punya kepentingan public, serta merencanakandan melaksanakan program aksi dalam rangka mendapatkanpemahaman dan penerimaan public.
(Public Relations News)
Public
Relations adalah fungsi manajemen tertentu yang membantu membangun dan menjaga
lini komunikasi, pemahaman bersama, penerimaan mutual dan kerja sama antara
organisasi dan publiknya. (Rex.F.Harlow-1900-1976)
Dapat disimpulkan
bahwa Public Relation adalah sebuah fungsi manajemen yang
bersifat berkelanjutan (kontinu) yang didalam nya adalah usaha-usaha
untuk menilai dan mengevaluasi sikap publik yang lalu memperkenalkannya kedalam
sebuah organisasi serta melaksanakan rencana kerja atas dasar kepentingan
masyarakat banyak (public) dalam upaya nya untuk memperoleh itikad baik
(goodwill), pengertian publik, dan pengakuan publik.
MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS :
Manajemen humas adalah proses penelitian, perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian suatu kegiatan komunikasi yang disponsori oleh organisasi. Proses manajemen humas biasa dilakukan oleh seorang praktisi dalam kegiatan humas. Menurut Frank Jeffkins, humas merupakan segala sesuatu yang terdiri dari semua bentuk komunikasi berencana, baik ke dalam maupun ke luar, untuk mencapai tujuan khusus, yaitu pengertian bersama.
Manajemen humas adalah proses penelitian, perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian suatu kegiatan komunikasi yang disponsori oleh organisasi. Proses manajemen humas biasa dilakukan oleh seorang praktisi dalam kegiatan humas. Menurut Frank Jeffkins, humas merupakan segala sesuatu yang terdiri dari semua bentuk komunikasi berencana, baik ke dalam maupun ke luar, untuk mencapai tujuan khusus, yaitu pengertian bersama.
TAHAPAN MANAJEMEN
1. PERENCANAAN (PLANNING )
2. PENGORGANISASIAN (ORGANIZING)
3. PENYUSUNAN FORMASI (STAFFING)
4. MEMIMPIN (LEADING)
5. PENGAWASAN (CONTROLLING)
PERAN PR DALAM MANAJEMEN SUATU ORGANISASI
1. MENGEVALUASI SIKAP / OPINI PUBLIK
2. MENGIDENTIFIKASI KEBIJAKAN & PROSEDUR ORGANISASI/PERUSAHAAN DGN KEPENTINGAN PUBLIKNYA
3. MERENCANAKAN & MELAKSANAKAN PENGGIATAN AKTIFITAS PR/HUMAS
PERANAN PR DALAM SUATU ORGANISASI
(inward looking & outward looking)
1. PENASEHAT AHLI (EXPERT PRESCRIBER)
2. FASILITATOR KOMUNIKASI (COMMUNICATION FASILITATOR)
3. FASILITATOR PROSES PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING PROCESS)
4. TEKNISI KOMUNIKASI ( COMMUNICATION TECHNICIAN)
(Mc Elreath – 1993)
1. PERENCANAAN (PLANNING )
2. PENGORGANISASIAN (ORGANIZING)
3. PENYUSUNAN FORMASI (STAFFING)
4. MEMIMPIN (LEADING)
5. PENGAWASAN (CONTROLLING)
PERAN PR DALAM MANAJEMEN SUATU ORGANISASI
1. MENGEVALUASI SIKAP / OPINI PUBLIK
2. MENGIDENTIFIKASI KEBIJAKAN & PROSEDUR ORGANISASI/PERUSAHAAN DGN KEPENTINGAN PUBLIKNYA
3. MERENCANAKAN & MELAKSANAKAN PENGGIATAN AKTIFITAS PR/HUMAS
PERANAN PR DALAM SUATU ORGANISASI
(inward looking & outward looking)
1. PENASEHAT AHLI (EXPERT PRESCRIBER)
2. FASILITATOR KOMUNIKASI (COMMUNICATION FASILITATOR)
3. FASILITATOR PROSES PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING PROCESS)
4. TEKNISI KOMUNIKASI ( COMMUNICATION TECHNICIAN)
(Mc Elreath – 1993)
MANAJEMEN PR
/HUMAS ;
¨Penelitian, perencanaan dan pengevaluasian suatu kegiatan komunikasi yang disponsori oleh organisasi;mulai dari pertemuan kelompok kecil hingga berkaitan dengan konferensi pers internasional via satelit,dari pembuatan brosur hingga kampanye nasional melalui multi media, dari menyelenggarakan acara open house hingga kampanye politik dari pengumuman pelayanan publik hingga menangani kasus manajemen krisis:
¨Penelitian, perencanaan dan pengevaluasian suatu kegiatan komunikasi yang disponsori oleh organisasi;mulai dari pertemuan kelompok kecil hingga berkaitan dengan konferensi pers internasional via satelit,dari pembuatan brosur hingga kampanye nasional melalui multi media, dari menyelenggarakan acara open house hingga kampanye politik dari pengumuman pelayanan publik hingga menangani kasus manajemen krisis:
KEGIATAN & SASARAN
PR
1. MEMBANGUN IDENTITAS /CITRA PERUSAHAAN
2. MENGHADAPI KRISIS
3. MEMPROMOSIKAN ASPEK KEMASYARAKATAN
4. MEMPROMOSIKAN YG MENYANGKUT KEPENTINGAN PUBLIK
5. MENDUKUNG KEGIATAN KAMPANYE SOSIAL ANTI MEROKOK,OBAT2 AN TERLARANG,DSB
KEMAMPUAN MANAGER PR
– Harus memiliki karakter yg merupakan perpaduan seni dgn profesional yg baik dalam kemampuan manajerial,teknis, motivator, komunikator, perencanaan, pelaksanaan, dan hingga mengevaluasi program kerja dsb.
– Creator, conseptor,mediator,problem solver
Definisi pr menurut world assembly of public relations association (1978) : Public relations adalah ilmu sosial yang menganalisa tren, memprediksi konsekuensi, memberi konsultasi pada pimpinan dan mengimplementasikan program aksi terencana yang melayani kepentingan organisasi dan public
1. MEMBANGUN IDENTITAS /CITRA PERUSAHAAN
2. MENGHADAPI KRISIS
3. MEMPROMOSIKAN ASPEK KEMASYARAKATAN
4. MEMPROMOSIKAN YG MENYANGKUT KEPENTINGAN PUBLIK
5. MENDUKUNG KEGIATAN KAMPANYE SOSIAL ANTI MEROKOK,OBAT2 AN TERLARANG,DSB
KEMAMPUAN MANAGER PR
– Harus memiliki karakter yg merupakan perpaduan seni dgn profesional yg baik dalam kemampuan manajerial,teknis, motivator, komunikator, perencanaan, pelaksanaan, dan hingga mengevaluasi program kerja dsb.
– Creator, conseptor,mediator,problem solver
Definisi pr menurut world assembly of public relations association (1978) : Public relations adalah ilmu sosial yang menganalisa tren, memprediksi konsekuensi, memberi konsultasi pada pimpinan dan mengimplementasikan program aksi terencana yang melayani kepentingan organisasi dan public
- Menganalisa kebutuhan
komunikasi,
2. memberi advis manajemen,
3. merencanakan
4. mengimplementasikan program komunikasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar