Sabtu, 16 Maret 2019

Manajemen Public Relation

Manajemen Public Relation


MANAJEMEN = MANAGE
( George R. Terry )
Memimpin, Menangani, Mengatur, Membimbing
Sebuah proses yang khas dan  tindakan-tindakan seperti perencanaan, pengorganisasian, pengaktifan, dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan SDM dan sumber-sumber lainnya.
PR adalah fungsi manajemen yang mengevaluasi publik, memperkenalkan berbagai kebijakan dan prosedur dari suatu individu atau organisasi berdasarkan kepentingan publik, dan membuat perencanaan, serta melaksanakan suatu program kerja dalam upaya memperoleh pengertian dan pengakuan publik (Denny Griswold (Wilcox,dkk.2006)).
Fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap public, mengidentifikasi kebijakan dan prosedur individual danorganisasi yang punya kepentingan public, serta merencanakandan melaksanakan program  aksi dalam rangka mendapatkanpemahaman dan penerimaan public. (Public Relations News)
Public Relations adalah fungsi manajemen tertentu yang membantu membangun dan menjaga lini komunikasi, pemahaman bersama, penerimaan mutual dan kerja sama antara organisasi dan publiknya. (Rex.F.Harlow-1900-1976)
Dapat disimpulkan bahwa Public Relation adalah sebuah fungsi manajemen yang bersifat berkelanjutan (kontinu) yang didalam nya adalah usaha-usaha untuk menilai dan mengevaluasi sikap publik yang lalu memperkenalkannya kedalam sebuah organisasi serta melaksanakan rencana kerja atas dasar kepentingan masyarakat banyak (public) dalam upaya nya untuk memperoleh itikad baik (goodwill), pengertian publik, dan pengakuan publik.

MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS :
Manajemen humas adalah proses penelitianperencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian suatu kegiatan komunikasi yang disponsori oleh organisasi. Proses manajemen humas biasa dilakukan oleh seorang praktisi dalam kegiatan humas. Menurut Frank Jeffkinshumas merupakan segala sesuatu yang terdiri dari semua bentuk komunikasi berencana, baik ke dalam maupun ke luar, untuk mencapai tujuan khusus, yaitu pengertian bersama.



TAHAPAN MANAJEMEN
1.         PERENCANAAN  (PLANNING )
2.         PENGORGANISASIAN  (ORGANIZING)
3.         PENYUSUNAN FORMASI (STAFFING)
4.         MEMIMPIN (LEADING)
5.         PENGAWASAN (CONTROLLING)
PERAN PR DALAM MANAJEMEN SUATU ORGANISASI
1.         MENGEVALUASI SIKAP / OPINI PUBLIK
2.         MENGIDENTIFIKASI KEBIJAKAN & PROSEDUR   ORGANISASI/PERUSAHAAN DGN KEPENTINGAN PUBLIKNYA
3.         MERENCANAKAN & MELAKSANAKAN PENGGIATAN AKTIFITAS PR/HUMAS
PERANAN PR DALAM SUATU ORGANISASI
(inward looking & outward looking)
1.         PENASEHAT AHLI (EXPERT PRESCRIBER)
2.         FASILITATOR KOMUNIKASI (COMMUNICATION FASILITATOR)
3.         FASILITATOR PROSES PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING PROCESS)
4.         TEKNISI KOMUNIKASI ( COMMUNICATION TECHNICIAN)
(Mc Elreath – 1993)

MANAJEMEN PR /HUMAS  ;
¨Penelitian, perencanaan dan pengevaluasian suatu kegiatan komunikasi yang disponsori oleh organisasi;mulai dari pertemuan kelompok kecil hingga berkaitan dengan konferensi pers internasional via satelit,dari pembuatan brosur hingga kampanye nasional melalui multi media, dari menyelenggarakan acara open house hingga kampanye politik dari pengumuman pelayanan publik hingga menangani kasus manajemen krisis:

KEGIATAN & SASARAN PR
1.         MEMBANGUN  IDENTITAS  /CITRA PERUSAHAAN
2.         MENGHADAPI  KRISIS
3.         MEMPROMOSIKAN  ASPEK KEMASYARAKATAN
4.         MEMPROMOSIKAN  YG  MENYANGKUT KEPENTINGAN  PUBLIK
5.         MENDUKUNG KEGIATAN KAMPANYE SOSIAL ANTI MEROKOK,OBAT2 AN TERLARANG,DSB
KEMAMPUAN MANAGER PR
–          Harus memiliki karakter yg merupakan perpaduan seni dgn profesional yg baik dalam kemampuan manajerial,teknis, motivator, komunikator, perencanaan, pelaksanaan, dan hingga mengevaluasi program kerja dsb.
–          Creator, conseptor,mediator,problem solver
Definisi pr menurut world assembly of public relations association (1978) : Public relations adalah ilmu sosial yang menganalisa tren, memprediksi konsekuensi, memberi konsultasi pada pimpinan dan mengimplementasikan program aksi terencana yang melayani kepentingan organisasi dan public
  1. Menganalisa kebutuhan komunikasi,
2.      memberi advis manajemen,
3.      merencanakan

4.      mengimplementasikan program komunikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Peran Literasi dalam Mengembangkan Pariwisata di Sumatera Selatan"

Seminar "Peran Literasi dalam Mengembangkan Pariwisata di Sumatera Selatan" Talk Show Komunikasi "Peran Literasi dalam M...